Friday, 13 September 2013

Microsoft Office Excel


Dalam Perusahaan Besar Saat Menghitung Anggran Pengeluaran dan Pemasukan, Biasanya Mereka Membutuhkan Seorang Karyawan yang bisa Perangkat Lunak Pengolah Angka Seperti Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel ialah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007




Kumpulan Fungsi Rumus MS Excel
Fungsi Ialah rumus untuk membantu dalam proses perhitungan
Berikut Beberapa Fungsi:
  • Fungsi SUM: digunakan untuk menjumlahkan angka
Rumus: =SUM(Value:Value)
  • Fungsi Average: digunakan untuk mencari rata-rata
Rumus: =AVERAGE(Value:Value)
  • Fungsi Max: digunakan untuk mencari nilai tertinggi
Rumus: =MAX(Value:Value)
  • Fungsi Min: digunakan untuk mencari nilai terendah
Rumus: =MIN(Value:Value)
  • Fungsi LEFT: digunakan untuk mengambil sebagian text dari sebelah kiri
Rumus: =LEFT(text,num_chars)
  • Fungsi MID: digunakan untuk mengambil sebagian text dari tengah
Rumus: =MID(text,start_num,num_chars)
  • Fungsi Right: digunakan untuk mengambil text bagian kanan
Rumus: =RIGHT(text,num_chars)
  • Fungsi Count: digunakan untuk menghitung jumlah data dalam suatu kelompok data
Rumus: =COUNT(Value,Value,..)
  • Fungsi Counta: digunakan untuk menghitung nilai yang ada dalam suatu kelompok data
Rumus: =COUNTA(Value,Value,..)
  • Fungsi Countblank: digunakan untuk menghitung nilai yang kosong pada range data
Rumus: =COUNTBLANK(range)
  • Fungsi Countif: digunakan untuk menghitung jumlah data yang sesuai dengan kriteria tertentu pada suatu kelompok data. 
Rumus: =COUTIF(range,kriteria)
  • Fungsi Large: digunakan untuk menghitung nilai yang terbesar ke-n dari sekelelompok data
Rumus: =LARGE(array,k)
  • Fungsi Small: digunakan untuk menghitung nilai yang terkecil ke-n dari sekelompok data
Rumus: =SMALL(array,k)
  • Fungsi Rank: digunakan untuk menentukan rangking dari sekelompok data
Rumus      : =RANK(number,ref,order)
  • Fungsi IF Logika: digunakan untuk menentukan logika yang di kriteriakan
Rumus: =IF(tes logika,nilai jika benar,nilai jika salah)
  • Fungsi AND: digunakan untuk mengembangkan tes kondisi
Rumus      : =AND(logika1,logika2,..)
  • Fungsi OR: digunakan untuk memberikan nilai TRUE jika salah satu eksposi yang di gabung bernilai TRUE
Rumus      : =OR(Logika1,Logika2,..)
  • Fungsi NOT: digunakan untuk memberikan True jika nilai yang di berikan logika adalah false dan sebaliknya. Jika fungsi NOT membalik hasil logika. 
Rumus: =NOT(logika)Note:
Untuk Menuliskan Rumus Harus di Kotak ini

0 comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik pasti akan meninggalkan jejak dengan cara meninggalkan komentar

berkomentarlah dengan bijak :)